Kerana Selalu Makan di Luar, Wanita Berusia 27 Tahun Ini Dilarikan ke ICU dan Doktor Terkejut Saat Menjumpai Plasma Darahnya Berwarna Seperti “Susu”…

Makan di luar sangatlah mudah terutama bagi mereka yang penat dan tidak punya waktu untuk memasak kerana kesibukan sehari-hari di tempat kerja. Tetapi tanpa disadari tidak semua tempat makan benar-benar bersih dan sesuai dengan standar kebersihan seperti yang ditentukan.

Xiao Ling, 27 adalah pegawai di sebuah perusahaan di Zhejiang, China. Kerana pekerjaan yang sibuk ia hanya menikmati makanannya setiap hari melalui pengiriman. Ia juga dikatakan tidak berolahraga atau melakukan latihan apa pun.

Gaya hidup yang tidak sehat ini sudah berlangsung lama dan dalam beberapa minggu terakhir dia dikatakan mengalami sakit perut yang parah setelah makan siang.

Dia mulai merasa mual dan muntah tetapi dia menganggap tidak ada yang serius. Dia berpikir bahwa dia hanya perlu cukup istirahat dan itu akan mulai membaik.

Tapi semuanya tidak berjalan seperti yang diharapkan. Setelah dua hari sakit perutnya memburuk dan akhirnya dia memutuskan untuk menemui doktor. Pemeriksaan dilakukan dan doktor mengenalpasti sesuatu yang tidak normal dengan pankreasnya.

Dia diduga menderita pankreatitis akut dan dipindahkan ke unit ICU hospital sana. Di sana, ujian darah telah dilakukan dan doktor menemukan bahwa ada lapisan lemak mengambang di atas sampel darah dalam tabung reaksi.

Tekanan darah Xiao Ling juga sangat tinggi pada saat itu. Seorang gastroenterologist mencurigai dia memiliki lipid darah tinggi yang mungkin telah menyebabkan pankreatitis akut.

Dia juga memerlukan transfusi darah sebelum keadaannya menjadi lebih buruk. Rumah sakit segera menghubungi bank darah untuk menyediakan 2.000 ml plasma darah dan transfusi dilakukan menggunakan mesin di mana darah disaring sebelum bercampur dengan plasma darah baru.

Apa yang mengejutkan adalah bahwa plasma darah Xiao Ling berwarba seperti ‘susu’. Warna plasma darahnya mirip dengan warna lemak tepung. Plasma darah normal harus lebih jernih atau kuning pucat.

Setelah transfusi darah pertama dilakukan, Xiao Ling mulai bernafas lebih baik. Beberapa jam kemudian, laporan ujian darahnya keluar, dan dia juga terkejut.

Tingkat trigliserida dalam darahnya sangat tinggi , hingga 18 kali lebih tinggi daripada pembacaan biasa. Dalam 24 jam, doktor melakukan transfusi plasma lain di atasnya. Dia dipindahkan dari ICU beberapa hari kemudian, setelah situasinya lebih stabil.

Menurut Xiao Ling, makanan favoritnya adalah: ikan kukus, sup panas dan pedas, ayam goreng bonto dan jeroan babi. Dia juga mengatakan bahwa dia jarang makan sayur dan buah.

Selain itu, pekerjaannya mengharuskannya untuk menghabiskan beberapa jam sehari. Dalam setahun, berat badannya meningkat.

Doktor yang menangani Xiao Ling juga mengatakan bahwa diet berminyak, makanan yang berlebihan dan konsumsi alkohol dapat menyebabkan pankreatitis. Sekarang, semakin banyak orang muda berusia 20-an yang didiagnosis menderita penyakit ini.

SUMBER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *